Banyak yang bertanya bagaimana seh menjadi programmer itu? Untuk para
mahasiswa IT (khususnya komputer) tentu bukanlah hal yang asing lagi.
Tetapi untuk kamu yang bukan mahasiswa IT mungkin sedkit bingung alias
belum kebayang. Apakah sejenis membuat mesin pencari GOOGLE atau membuat
game-game yang banyak dimainkan di sosial media seperti Facebook.
Menjadi Programmer tidak lah jauh dengan tekonologi informasi. Teknologi
Informasi saat ini sudah menjadi bagian dari hidup kita. Seperti
mencari data-data untuk tugas sekolah, mencari informasi tentang apapun,
bahkan mencari tempat yang indah jika kita ingin travelling atau
jalan-jalan.
Pasti asyik bukan?
Nah, untuk kamu yang bukan mahasiswa komputerpun bisa menjadi seorang programer yang profesional. Caranya?
Nanti dulu sebelum saya memberikan tip-tips cara menjadi prograer yang
profesional, sayang akan singgung sedikit apa seh yang dimaksud
profesional itu?
Seseorang bisa dikatakan profesional apabila orang itu menawarkan jasa
atau layanan sesuai dengan protokol dan peratuan dalam bidang yang
dijalaninya dan menerima gaji sebagai upah atas jasanya. Orang tersebut
juga merupakan anggota suatu entitas atau organisasi yang didirikan
sesuai dengan hukum di sebuah negara atau wilayah. (Wiki).
Intinya Profesional adalah terkait dengan pendapatan, tidak hanya terkait dengan keahlian.
Jadi kamu yang tertarik dengan program dan mau belajar pun bisa menjadi
programer yang profesional dengan melamar pekerjaan atau ikut organisasi
dengan cara mendemokan hasil karyamu.
Agar kamu makin penasaran kita intip yuk berapa seh gaji seorang programer?
Menurut versi JOBsDP, gaji seorang programer pemula adalah Rp.3.000.000; (Tiga juta rupiah), menarik bukan?
Bagi kamu yang suka ngegame daripada ngegame terus mending bikin game,
jadi kamu tidak hanya sebagai pengguna yang menghasiskan waktu
berjam-jam untuk ngegame mending sekali-kali kamu bikin game, pasti
tambah seru.
Penasaran gaji untuk orang-orang yang berkeipung di dalam industri game.
Ayuk kita intip dari http://www.gamecareerguide.com/ gaji untuk seorang
programer game dimana tugas kamu adalah mengerjakan koding gamenya,
disini kamu bertanggung jawab untuk memastikan gamenya berjalan lancara
sesuai dengan konsep yang telah dibuat atau tidak.
Nah rata-rata gaji untuk seorang programer game yang sudah profesional perbulan yaitu :
Rp53.581.508,33. Wow angka yang besar bukan?
Setelah mengetahui angka-angka itu kamu jangan berpikir akan sangat
mudah, perlu belajar extra keras dan tentu akan sebanding dengan hasil
yang akan kamu dapatkan. Kamu tidak perlu menjadi Mark Zukerberg pendiri
Facebook karena Facebook karena Facebook sudah ada yang punya. Tapi
kamu mempunyai kesempatan untuk membat sesuatu yang lebih indah dan
hebat.
Berikut beberapa tips yang saya ambil dari para programer profesional,
Cari Referensi
Carilah referensi tentang bahasa-bahasa program dan carilah mana yang
paling menarik dan yang kamu sukai, setelah itu download-lah
aplikasi-aplikasi yang kamu butuhkan.
Dengan cara langsung praktek seperti ini maka akan lebih mengasikkan.
Harus suka komputer dulu, baru ilmu itu akan masuk
Kalau kamu tidak suka komputer bagaimana ilmu itu akan masuk, yang ada
setelah kamu buka komputer dan lihat kode-kode program gitu kamu
langsung nguap terus tidur. Dan yang paling parah karena kamu memaksa
diri maka rambut kamu akan rontok karena pusing dan stres. hehe
2.Belajar Bertahap
Kenapa belajar bertahap? Belajarlah secara bertahap dan dari awal akan
memudahkan kamu untuk mengerti dan paham bagaimana logika bahasa program
itu, kalau kamu langsung melihat buku-buku dengan bahasa program yang
rumit pasti kepala kamu langsung cenut-cenut, tidak hanya itu kamu pun
pasti akan pusing dibuatnya. Belajarlah dari dasar dan jangan melalui
cara instan misal kamu mencari kode di mbah google terus kode-kode itu
kamu copy terus kamu paste maka yang ada pasti error karena banyak kode
yang tidak sesuai dengan apa yang kamu konsep duluan.
Ibarat rumah, program pun juga demikian. Sebelum membuat rumah pasti
seorang tukang pembuat rumah pasti membuat pondasi dulu. Diatur mana
ruang tamu, kamar tidur, ruang tengah, dapur, dll juga harus jelas. Sama
seperti program misalkan program untuk aplikasi web pasti jelas mana
halaman untuk seorang user atau pengguna dan halaman untuk admin atau
penyusun.
3. Jangan berharap instan
Jangan berharap instan ini sangat penting bagi seorang programer, dan
ini penyakit kronis bagi seorang programer pemula. Sebagai programer
atau orang-orang yang ingin menjadi programer tidak mau susah payah
belajar dari awal. Belum apa-apa suda pengen membuat game farmville lalu
buka thread “Gimana caranya?” harus sabar tidak bisa langsung instan.
Ingat sebelum anak kecil itu bisa berlari, anak kecil itu harus belajar
merangkak dulu. Jatuh bangun itu hal yang biasa, setelah bisa berlari
baru bisa merasakan mudahnya merangkak.
4. Penguasaan Dasar-Dasar Program
Penguasaan dasar-dasar pemrograman dan bahasa yang kamu pilih aka
memiliki peranan penting dalam analisa masalah dan menentukan program
apa yang akan kamu bikin. Klau kamu tidak punya dasar-dasar yang kuat
kamu tidak akan bisa menganalisa sebuah masalah dan memikirkan
solusinya. Ini seperti orang yang menyelam tanpa belajar beranang
minimal tidak tahu teknik-teknik mengambil napas di dlam air. Kalau
sudah begitu matilah kita.
5. Harus SABAR. Belajar itu butuh waktu
Ingat cerita tentang seorang ahli matematika Aljabr, orang yang
menemukan Aljabar Matematika. Karena kepintarannya pada ilmu matematika
dia diundang oleh seorang raja yang ingin belajar tentang aljabar itu.
Setelah dijelaskan panjang lebar lama-kelamaan sang raja itu mulai
pusing, dan sang raja bertanya “Adakah cara yang paling cepat untuk
belajar aljabar?” sang ahli matematika menjawab tidak ada cara cepat
untuk belajar aljabar meskipun engkau seorang rahja.
Nah, raja saja tidak bisa cepat apalagi kamu, makanya harus sabar. Yang sabar nanti disayang Tuhan.
Meskipun ada banyak buku yang mempunyai judul-judul menarik seperti
“Mahir pemrograman dalam 24 jam” itu hanya sekedar taktik marketing aja
agar pembacanya penasaran terus membelinya, kalau tidak percaya coba
beli saja. Selama saya kuliah di Teknik Informatika dan belajar program
saya belum pernah bertemu bahkan dosen saya pun tidak ada yang mahir
pemrograman dalam waktu 24 jam.
Satu lagi, saya mengambil cerita dari Andrew Koening, seorang ahli
pemrograman bahasa C++ dia menulis buku berjudul “Accelerated C++”. Buku
itu hanya setebal kurang dari 200 halaman. Kamu tahu berapa lama waktu
yang dibutuhkan untuk belajar C++ di Harvard University? Yang
berdasarkan rangking dunia Harvard University adalah universitas terbaik
di dunia, pastilah yang kuliah disitu adlah orang yang cerdas dan
terbaik.
6 bulan atau 1 semester waktu yang dibutuhkan hanya untuk belajar
dasar-dasar bahasa C++. Setelah selesai belajar dasar-dasar C++ belum
menjadi programer.
6. Teruslah berlatih
Kata KH Mustofa Bisri (Gus Mus), cara suapaya cepat menguasai ilmu
adalah dengan habiskan waktu sebanyak-benyaknya untuk belajar.
Dengan semakin banyak kamu belajar kamu juga akan semakin mahir menjadi seorang programer.
7. Pelajari Bahasa Inggris
Saya tanya? Adakah aplikasi-aplikasi program atau bahasa program yang
menggunakan bahasa Indonesia? Pasti kamu jawab tidak. Karena walaupun
yang membuat orang Indonesia tulen pasti mereka menggunakan bahasa
inggris. Karena sudah sepakat bahasa Inggris ittu menjadi bahasa
internasional. Da bahasa ingris juga kau butuhkan untuk membaca kode,
lisensi dan lain-lain. Intinya bahasa inggris itu sangat penting, jadi
kalau kamu tidak bisa belajar bahasa inggris, mending lupakan cita-cita
kamu untuk menjadi seorang programer profesional.
Selain tips di atas saya juga akan tuliskan “6 ways to become a programmer” yang saya terjemahkan dari wikihow.
Menjadi seorang programmer adalah proses kumulatif yang terbentuk dari
keterampilan kamu demi hari dan tahun demi tahun, dan pemrograman bisa
menyenangkan dan bermanfaat (mental, spiritual dan finansial). Panduan
ini tidak menjanjikan untuk memberikan cara mudah untuk menjadi ajaib
programmer, dan urutan langkah-langkah ini tidak sakral, tetapi Anda
akan mendapatkan gambaran umum tentang bagaimana untuk menjadi seorang
programmer di salah satu bidang pemrograman modern.
Langkah pertama
Pelajarilah disiplin ilmu berikut :
Logika
Ilmu logika adalah ilmu yang mempelajari kecakapan secara lurus, tepat
dan teratur. Nah ilmu ini penting untuk kamu kuasai, logika dibutuhkan
untuk menyelesaikan masalah yanng ada begitu juga dengan masalah
program.
Matematika Diskrit
Matematika diskrit adalah cabang matematika yang mempelajari sesuatu
yang bersifat diskrit. Diskrit disini artinya tidak saling berhubungan
(lawan dari kontinyu). Beberapa hal yang dibahas dalam matematika ini
adalah teori himpunan, teori kombinatorial, permutasi, relasi, fungsi,
rekursif, teori graf, dan lain-lain. Matematika diskrit merupakan mata
kuliah utama dan dasar untuk bidang ilmu komputer atau informatika.
Langkah Kedua
Pelajari konsep database seperti tabel, pandangan / query dan prosedur.
Kamu dapat menggunakan paket database sederhana untuk melakukan hal ini,
seperti:
MS Access
DB V
Fox Pro
Paradox
MySQL
MySQL adalah database yang baik untuk belajar karena gratis, yang umum digunakan, dan database biasanya diakses dengan query SQL
Langkah Ketiga
Tentukan apa jenis programmer kamu inginkan. Programmer umumnya jatuh di bawah salah satu kategori berikut:
Web programmer
Programmer aplikasi Desktop
Sistem operasi (OS) yang berorientasi programmer (terkait dengan sistem operasi tunggal atau serangkaian sistem operasi)
Programmer platform-independen
Distributed programmer aplikasi
Library / Platform / framework / programmer inti
Programmer sistem
programmer kernel
driver programmer
programmer compiler
Program scientist
Langkah keempat
Pelajari teknologi dan bahasa pemrograman yang terkait dengan bidang
pemrograman pilihan kamu. Bagian berikut memecah tugas untuk berbagai
jenis pemrograman. Saya berikan contoh gambaran untuk web programer dan
programer aplikasi dekstop, lainya bisa kamu cari sendiri dan tentunya
banyak di internet.
Untuk web programer apa saja seh yang dibutuhkan?
Aplikasi Web adalah komponen software yang dirancang untuk bekerja di
atas arsitektur internet. Ini berarti bahwa aplikasi yang diakses
melalui web software browser seperti Firefox atau Internet Explorer.
Menjadi arsitektur internet tidak selalu memerlukan koneksi aktif ke
internet. Ini berarti bahwa aplikasi Web dibangun di atas teknologi web
standar seperti:
HTTP
FTP
POP3
SMTP
TCP
protokol IP
HTML
XML
ColdFusion
ASP
JSP
PHP
ASP.NET
Telusuri situs-situs yang berbeda untuk belajar tentang bagaimana mereka
biasanya mencari. (Klik kanan, lalu klik View Source atau tekan F12.)
Carilah keragaman jenis / isi website, bukan kuantitas situs yang
dikunjungi. Umumnya, kamu akan perlu untuk mengunjungi setidaknya satu
dari masing-masing jenis situs berikut:
Situs kehadiran perusahaan (perusahaan komersial, tidak-untuk-keuntungan perusahaan / organisasi, organisasi pemerintah)
Mesin web pengindeksan (mesin pencari, situs pencarian meta, mesin pencari khusus, direktori)
Situs Data mining
situs pribadi
Informational / halaman ensiklopedis (wiki, lembar data, spesifikasi
teknis, dan manual daftar direktori, blog dan jurnal, berita dan situs
kantor berita, halaman kuning, dll)
Situs sosial (portal sosial, situs bookmark, situs mencatat)
Situs kolaboratif (termasuk kategori lain yang disebutkan di atas, seperti wiki dan blog)
Pelajari dasar-dasar infrastruktur internet. Ini termasuk mendapatkan ide dasar tentang:
Protokol layanan dasar Web (HTTP, FTP, SMTP, dan POP3 atau IMAP4)
Perangkat lunak server web (sebaiknya, satu untuk platform kamu akan bekerja pada kebanyakan)
Web perangkat lunak browsing.
Server email dan perangkat lunak klien
Pelajari bahasa HTML dan CSS. Kamu juga mungkin ingin mendapatkan "Apa
yang Anda Lihat adalah Apa yang Anda Dapatkan” dan software untuk
mengedit HTML.
Membiasakan diri dengan klien-side scripting bahasa yang kamu pelajari.
Cobalah untuk mencapai potensi kamu hanya menggunakan bahasa tersebut.
Hanya pelajari lebih lanjut ke langkah berikutnya setelah kamu akrab
dengan bahasa scripting client-side kamu.
Pelajari setidaknya satu bahasa pemrograman server-side. Jika kamu
memilih untuk membatasi diri untuk satu perangkat lunak server, belajar
salah satu bahasa pemrograman yang didukung oleh perangkat lunak
tersebut. Jika tidak, belajar paling tidak satu bahasa pemrograman pada
setiap perangkat lunak server.
Buatlah proyek percontohan untuk diri sendiri setelah kamu selesai belajar bahasa pemrograman server-side.
Dapatkan website kamu sendiri dan mulai bereksperimen online dalam halaman kamu sendiri.
Programmer Aplikasi Desktop
Tahukah kamu apa yang dimaksud dengan pemrograman aplikasi desktop?
Kebanyakan programmer desktop yang menulis kode untuk solusi bisnis,
sehingga mendapatkan ide tentang bisnis, struktur organisasi dan
keuangan mereka akan menjadi sangat hemat waktu.
Pelajari tentang arsitektur hardware komputer yang berbeda. Kursus
tingkat dasar dalam desain sirkuit digital dan satu lagi di arsitektur
komputer pengguna;
Ambil kursus pengantar dalam salah satu bahasa pemrograman prosedural.
Tidak peduli apa bahasa yang kamu pilih kemudian menjadi bahasa pilihan
kamu, itu akan memerlukan pemrograman prosedural pada tingkat tertentu.
Juga, pemrograman prosedural dilaporkan oleh sebagian besar programmer
untuk menjadi yang paling mudah untuk digunakan sebagai titik awal untuk
mendapatkan ide pemrograman pada umumnya.
Mulailah menulis beberapa konsol atau konsol seperti aplikasi kecil.
Kamu dapat menggunakan latihan kecil umum dalam buku bahasa pemrograman.
Untuk itu, pilihlah alat untuk menulis program dalam bahasa pemrograman
yang akan kamu gunakan.
Setelah kamu bisa coba lah membuat aplikasi kecil lagi dengan bahasa
pemrograman yang berbeda. Coba bandingkan kedua bahasa pemrograman yang
kamu pelajari sejauh ini. Mengevaluasi kekuatan dan kelemahan
masing-masing. Caranya dari mengambil sampel sederhana karya awal kamu
dalam bahasa pemrograman pertama dan menulis ulang dengan menggunakan
bahasa pemrograman kedua.
Membuat proyek baru dan mencoba mengimplementasikannya menggunakan kedua
bahasa. Kadang-kadang, tergantung pada pilihan proyek dan bahasa kamu,
mungkin tidak dapat untuk melaksanakan proyek tersebut dalam salah satu
bahasa. Menulis cheat-sheet atau perbandingan ringkasan-meja di antara
konstruksi serupa pada kedua bahasa dan fitur unik untuk masing-masing
bahasa.
Cobalah mencari cara untuk meniru fitur yang unik untuk salah satu dari dua bahasa dengan menggunakan bahasa lain.
Pelajari konsep pemrograman visual menggunakan salah satu bahasa yang
kamu pelajari. Hampir semua bahasa pemrograman memiliki versi /
perpustakaan yang mendukung pemrograman visual dan lain-lain yang
mendukung konsol atau pemrograman konsol seperti. Hal ini dapat
dilakukan dengan mendapatkan pengantar pemrograman event-driven.
Kebanyakan pemrograman visual bergantung pada tingkat tertentu pada
peristiwa dan kejadian penanganan (menggunakan bahasa pemrograman yang
kamu pilih).
Coba sebanyak perangkat lunak desktop yang kamu bisa dan mengerti apa
yang perangkat lunaknya. Sebagian besar perusahaan pengembangan
perangkat lunak menawarkan versi beta-testing produk mereka yang dapat
kamu gunakan untuk menguji perangkat lunak. Tetap up-to-date pada
kemajuan antarmuka pengguna.
Membaca juga beberapa artikel atau tutorial pada antarmuka pengguna grafis.
Mulailah menerapkan pengetahuan kamu pada proyek-proyek software kecil
desain kamu. Cobalah untuk menerapkan keahlian pemrograman kamu pada
masalah yang kamu hadapi dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, menulis
program yang mengubah nama file dalam massa, membandingkan file teks
visual, salinan nama-nama file dalam direktori untuk memori / file teks,
dan hal-hal seperti itu. Keep it simple pada awalnya.
Buat proyek kelulusan virtual. Lengkapi ini sampai akhir, menerapkan teknik pemrograman visual yang kamu pelajari sejauh ini.
Memperluas pemahaman kamu tentang visual framework / library / paket
yang kamu pelajari sebelumnya dengan mengambil kursus lanjutan,
perhatian ekstra terhadap detail dan belajar lebih banyak tips dan trik
untuk kerangka kerja kamu dari sumber daya online.
Selain dari ulasan kecil diatas kamu juga bisa temukan banyak tips jitu
dari programer-programer profesional yang lain. Ada banyak sekali
tutorial-tutorial gratis yang bisa kamu dapatkan salah satunya di
WikiHow, youtube, dan basih banyak lagi.
Pesan dari saya, bulatkan tekad, pantang menyerah, belajarlah sampai
berhasil kalau kamu ingin menjadi seorang programer profesional.
Demikianlah semoga bermanfaat. Tetap semangat dan semoga sukses..
0 komentar:
Posting Komentar